Cara Jaga Kesehatan Otak Seiring Bertambahnya Umur

Cara Jaga Kesehatan Otak Seiring Bertambahnya Umur

Dakisemut.co.id – Seiring dengan bertambahnya umur, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuhmu. Berat badan yang bertambah serta kerutan di wajah yang mungkin sudah tidak dapat kamu hindari lagi. Tidak cuma itu, perkembangan otak juga mulai alami perubahan.

Melansir dari Best Life jum’at (16/12/2022), terdapat banyak orang yang alami penurunan aliran darah, perlambat interaksi antar neuron, peradangan yang meningkat serta berkurangnya massa pada bagian otak tertentu. Perubahan pada otak ini bisa pengaruhi fungsi mental bahkan pada orang tua yang sehat.

Berikut enam cara jaga kesehatan otak terbaik sejalan bertambahnya umur:

Bergerak

Kamu mesti luangkan waktu buat olahraga secara rutin. Manfaat dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin cukup banyak terutama buat cara jaga kesehatan otak kamu.

Pusat pengendalian serta pencegahan penyakit (CDC) menyarankan sekitar 150 menit latihan intensitas sedang / minggu. Latihan Manfaat peningkatan otak dimulai di tingkat yang sangat rendah. Latihan gabungan dari kognitif serta tantangan fisik bisa tingkatkan kesehatan serta daya ingat otak.

Makan dengan Baik

Disamping terus aktif secara fisik cara jaga kesehatan otak yang lain yakni, memakan makanan yang sehat pun bisa bantu otak kamu terus sehat. Apa yang kamu makan mainkan peran penting dalam tentukan kesehatan serta kesejahteraan dalam jaga kesehatan otak.

Makanlah makanan seperti sayur berdaun hijau, buah beri dan lain-lain. Makanan sehat bisa membuat perlindungan saraf serta kurangi resiko Alzheimer.

Latih Pernapasan

Penelitian sudah perlihatkan kalau latihan pernapasan dalam bisa mempunyai efek fisiologis serta psikologis di otak.

Latihan sederhana ini betul-betul bisa buka kekuatan meditasi serta membantu kurangi stres sembari memulai respons relaksasi pada tubuh kamu.

Tetap Berinteraksi Sosial

Pertahankan ikatan sosial begitu penting buat jaga kesehatan otak kamu. Kesepian berdampak kesehatan negatif yang setara dengan obesitas, kegiatan fisik, serta merokok 15 batang perhari. Kesepian juga dihubungkan dengan resiko demensia sekitar 50% lebih tinggi.

Baca Juga: Ini Kira-Kira Spesifikasi Laptop Gaming Tahun 2022 Yang Bisa Kamu Jadikan Referensi!

Cukup menyempatkan diri sejenak buat tersambung dengan seseorang bahkan juga lewat panggilan telepon singkat bisa kurangi perasaan kesepian, kekhawatiran, depresi dan berikan manfaat perlindungan otak.

Ekspresikan Diri

Ikuti hobi pula bisa membantu lawan penurunan kognitif mengikuti bertambahnya umur. Bernyanyi, melukis serta menulis puisi serta memainkan peralatan musik cuma sejumlah contoh ekspresi kreatif yang tingkatkan kesehatan otak.

Prioritaskan Tidur

Cara jaga kesehatan otak yang terakhir yaitu tidur dengan teratur bisa memiliki dampak luar biasa di kesehatan saraf kamu terutama mengikuti bertambahnya umur. Kualitas serta kuantitas tidur kamu yang dibutuhkan buat atur ulang jaringan saraf serta berikan waktu jeda ke beragam sistem pada otak.***

CEO

Ahzelan adalah seorang pelajar yang selalu ingin mengajarkan kebaikan kepada semua orang

Lu mungkin suka juga: