Tutorial Cara Masuk Safe Mode Windows 7, 8 dan 10!

Tutorial Cara Masuk Safe Mode Windows 7, 8 dan 10!

Dakisemut.co.id – Satu diantara cara menanggulangi permasalahan yang cukup global pada PC ataupun laptop yakni dengan menyalakannya dengan cara masuk safe mode windows. Untuk bagaimana masuk ke safe mode tersebut misalnya di windows 7 cukup gampang yakni dengan mengklik tombol kombinasi ketika proses booting, namun seiring berjalannya waktu cara ini ,mulai tidak dipakai lagi terutama saat memasuki windows 8 hingga kedepannya mulai tergantikan dengan cara yang otomatis yakni metode automatic repair ketika windows pada pc atau laptopmu bermasalah.

Sebenarnya kamu tetap dapat memasuki safe mode, namun untuk windows 8 serta 9 pilihan ini berada di pilihan recovery. Meskipun dengan secara terus-menerus menekan tombol F8 bakal mengarahkanmu pada automatic recovery mode, kamu bisa masuk secara manual serta mengakses “Recovery Options” dengan menekan tombol shift+F8 secara bersamaan.

Baca Juga: Bisnis Sukses Karena Jasa Pembuatan Landing Page Binjai Murah Dibawah 1 Juta

Lebih simple lagi jika Komputermu masih menyala, cukup dengan tahan tombol Shift dan klik restart. Itu jika Komputermu masih menyala, kalau tidak? Simak artikel ini sampai habis, karena disini saya akan membagi cara buat masuk ke safe mode windows di berbagai situasi.

Langkah Masuk Safe Model di Windows 7

Untuk masuk ke safe mode kamu dapat melakukannya dengan gampang di windows 7, langkahnya yakni ketika logo windows ditampilkan waktu pc atau laptopmu dinyalakan maupun setelah direstart, tekan tombol F8 beberapa kali untuk masuk ke “Advanced Boot Options”. Bila gagal, itu karena kamu terlambat ketika menekan tombol F8 nya, namun kamu dapat mengulangnya lagi dengan me-restart pc atau laptopmu kembali lalu tekan F8 sesudah booting windows.

Sesudah sukses masuk pada menu Advanced Boot Options” ini. Disini, ada 3 alterasi dari Windows 7 safe mode yang bisa dipilih yaitu:

  • Safe Mode: Ini adalah pilihan safe mode yang bisa disebut terbaik dan wajar dipilih. Dengan masuk ke safe mode ini, semua proses di Windows 7 bakal di load seminimal mungkin bisa saja, paling tidak hanya buat menyalakan Windows 7 saja.
  • Safe Mode with Networking: Pilihan ini sebenarnya sama dengan pilihan yang sebelumnya, namun terdapat tambahan yang mengizinkanmu untuk terkoneksi pada jaringan tertentu di windows 7. Kamu bisa mengambil pilihan ini bila sekiranya ketika ingin masuk ke safe mode membutuhkan akses internet atau mungkin jaringan lokal mengalami masalah saat melewati safe mode.
  • Safe Mode with Command Prompt: Pilihan ini juga membuat proses jadi seminimal mungkin bisa saja namun mengubah Windows Explorer dengan Command Prompt. Pilihan ini buat berjaga- jaga saja jika suatu hal disaat pilihan safe mode yang sebelumnya tidak bekerja.

Baca Juga: Apa sih Perbedaan Android 9 dan 10 (Q)? Yuk Simak Penjelasannya!

Kamu dapat menentukan satu diantara 3 pilihan yang telah diinfokan barusan dengan menggunakan tombol tanda panah yang ada pada keyboard kemudian tekan Enter untuk menentukan pilihannya. Sehabis itu, windows bakal memulai booting dengan hanya meload proses seminimal mungkin paling tidak atau bisa jadi hanya agar dapat menyalakan windows 7. Setiap prosesnya yang berjalan bakal diperlihatkan pada layar komputermu.

Sesudah kamu sukses masuk ke safe mode, sampai masalah yang ada di Windows 7 selesai diperbaiki, kamu setelah itu segera lakukan restart. Setelah memang sudah tidak ada masalah yang tersisa, tunggu sampai komputer akan restart secara wajar lagi, Windows 7 Menyala.

  • Jika komputermu masih menyala, kamu tidak perlu melakukan atau repot-repot menekan tombol F8, karena kamu melakukan konfigurasi restart ke safe mode jika komputer masih menyala.
  • Pertama tekan tombol Windows+R untuk membuka “Run” selanjutnya ketik “msconfig” pada kotak “Run” yang sudah kamu buka.
  • Sesudah itu, pilih tab root dan di bagian Boot Options, pilih “Safe Boot”, pilih minimum kemudian klik/tekan OK setelah selesai.
  • Seterusnya kamu tinggal merestart komputer dan selanjutnya akan masuk ke safe mode secara otomatis jika proses booting selesai.

Kamu wajib mengembalikan Boot optionsnya barusan agar kembali boot secara wajar, tidak ke safe mode lagi. Buat melakukannya, cukup membuka kembali msconfig selanjutnya hilangkan centang pada Safe boot. Kemudian klik OK dan kembali restart supaya kembali boot secara wajar lagi ke Windows 7.

Cara Masuk Safe Mode Windows 8 serta Windows 10

Jika sebelumnya pada windows 7 kamu hanya perlu menekan F8 untuk masuk ke Advanced Boot Options, sementara dimulai dari windows 8 sekarang, cara itu tidak dapat kamu lakukan lagi. Meskipun kadang dengan menekan tombol shift+F8 dapat masuk pada startup options dan safe mode, hal itu ternyata hanya bakal berhasil di komputer yang lemot/lambat.

Namun tidak perlu khawatir karena sebenarnya memasuki safe mode di Windows 8 dan 10 tidaklah susah. Karena safe mode ini diakses lewat menu startup settings, dan menu itu dapat diakses di Advanced Startup Options.

Baca Juga: Mulai 500K! Jasa Pembuatan Website Garut Termurah

Jadi sebelumnya kita wajib masuk pada menu Startup Options lebih dahulu, ada berbagai cara yang dapat kamu lalui buat masuk pada menu ini yaitu:

Shift+ Restart

Jika komputermu masih menyala, kamu dapat menekan dan menahan tombol shift sembari memilih restart yang ada pada ikon power, kemudian tunggu hingga menu “Advanced Startup Menu Options” tampil.

Kamu juga dapat mengakses menu Advanced Startup Options lewat Settings yaitu pertama-tama buka settings, kemudian seleksi Pembaharuan serta Security, lalu seleksi Recovery. Carilah Advanced Startup dan seleksi Restart Now selanjutnya tunggu hingga itu tampil.

Lewat Command Prompt

  • Bukalah Command Prompt, selanjutnya ketik intruksi ini “shutdown/r/o”
  • Kemudian akan muncul pesan” You’ re about to be signed off”, tutup saja pesan itu.
  • Seusai beberapa saat, windows 8 maupun 10 akan memunculkan pesan “Please Wait” sesaat sebelum menuju ke menu Advanced Startup Options. Boot dari ISO Windows 8 maupun 10

Jika kamu mempunyai file windows 8 maupun 10 dalam format .ISO di dalam DVD maupun Flashdisk, kamu dapat menyambungkan media itu ke komputer. Sesudah itu, nyalakan komputer lalu boot lewat CD atau USB atau dengan media lain yang cocok dengan komputermu.

Sesudah itu seusai sampai di layar Windows Setup, pilih Next, seterusnya pilih Repair your computer. Advanced Startup Options akan segera muncul sesudahnya.

Boot langsung ke Advanced Startup Options

Pertama, restart komputer lalu tekan tombol F11 atau tombol lainnya yang cocok dengan komputermu untuk menyeleksi Boot Option. Tunggu hingga Advanced Startup Options tampil.

Kira-kira segitulah beberapa macam cara yang dapat kamu terapkan untuk masuk pada menu Advanced Startup Options. Kamu bisa pilih satu saja dan saya menganggap sekarang ini kamu sudah masuk ke menu Advanced Startup Options, kemudian pilih Troubleshoot. Setelah berada pada menu Troubleshoot, pilih Advanced Options serta pada menu advanced options, pilih Startup Settings, lalu pilih restart. Tunggulah jangan menekan tombol apapun hingga startup settings di tampilkan.

Tentukan Safe mode dengan cara menekan tombol F4 maupun bergantung nomer berapakah pilihan Enter Safe Mode yang ada di komputermu. Selanjutnya Windows 8 maupun 10 akan segera masuk di Safe mode. Cara masuk safe mode windows ini tentu saja work di semua merek laptop Asus, Lenovo, Acer dan lain-lain.***

CEO

Ahzelan adalah seorang pelajar yang selalu ingin mengajarkan kebaikan kepada semua orang

Lu mungkin suka juga: