7 Kesalahan yang Mengakibatkan Bisnis Startup Alami Kegagalan!

7 Kesalahan yang Mengakibatkan Bisnis Startup Alami Kegagalan!

Dakisemut.co.id – Sekarang ini banyak terjadi kesalahan yang mengakibatkan bisnis startup alami kegagalan dan tutup oleh berbagai faktor. Berdasarkan para ahli, terdapat sejumlah penyebab yang membuat para pebisnis alami kegagalan startup dan tutup.

Trend bisnis startup tutup serta mem PHK massal pegawainya nampaknya terus berlanjut. Di Indonesia sendiri telah ada 21 startup yang umumkan terdapatnya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selama tahun 2022, telah terjadi 1.229 kasus PHK yang telah dilakukan oleh startup di seluruh penjuru dunia. Bahkan, dilansir dari situs resmi Trueup, tech winter itu yang memakan korban sampai 202.522 pekerja yang terkena dampak PHK.

Dedy Permadi, juru bicara kementrian komunikasi dan informatika menuturkan kalau startup yang alami kegagalan, umumnya sebab faktor manajerial serta kurangnya fokus dalam jalankan bisnis sesuai dengan keperluan pasar.

Disamping itu, terdapat pula sejumlah kesalahan – kesalahan dari pengusaha ketika memulai bisnis yang mengakibatkan bisnis startupnya pun kandas ditengah jalan dibawah ini:

7 Kesalahpahaman Pebisnis waktu Memulai Usaha

Dilansir dari entrepreneur Kamis (24/11/2022), walau memulai bisnis jadi satu diantara hal yang sangat menarik, karena prosesnya mempunyai rintangan tersendiri, namun penting buat tidak biarkan kesalahpahaman membuat bisnismu terhenti. Simak penjelasannya.

Tidak Memakai Rencana Bisnis

Terdapat banyak kesalahpahaman mengenai memulai bisnis. Satu diantara yang biasanya terjadi yakni tidak menulis rencana bisnis resmi, lantaran dianggap tidak terlalu penting.

Padahal nyatanya, suatu rencana bisnis, yang mempunyai rincian tujuan menyeluruh perusahaan sampai budgeting bakal memproyeksikan biaya serta pendapatan, hingga kamu bakal terbantu untuk menggambarkan kemana arah perusahaan dalam jangka yang pendek ataupun panjang ini.

Baca Juga: Bisnis Online yang Cocok Untuk Generasi Milenial di Tahun 2022!

Misalnya yaitu advertising: banyak perusahaan baru habiskan ratusan juta untuk iklan tanpa pikirkan audiens, anggaran atau strategi marketing mereka. Menulis rencana marketing sebelum lakukan investasi dalam pembelian iklan apa juga akan membantu mencegah munculnya permasalahan ini serta menghemat uang kamu sepanjang prosesnya.

Mengandalkan Investor

Selalu andalkan pendanaan serta tidak mempunyai uang pribadi untuk diinvestasikan pada bisnis merupakan satu diantara yang menimbulkan bisnis startup cepat tutup. Masalah ini bisa menimbulkan ketergantungan secara berlebih terhadap pinjaman, yang dapat menyulitkan ketika perusahaan alami permasalahan maupun bangkrut.

Kesalahan yang mengakibatkan bisnis startup alami kegagalan yang ke-2 ialah habiskan terlalu banyak uang untuk beberapa hal yang tidak membantu kesuksesan bisnis kamu, seperti ruang kantor yang mewah, furniture yang mahal atau menggaji pegawai secara berlebih.

Harus Pilih Antara Bekerja serta Kehidupan Personal

Kamu tidak akan punya waktu untuk mengatasi tiap detail. Hingga, kamu butuh untuk mendelegasikan tugas yang tidak harus mempunyai keterampilan khusus, seperti menjawab panggilan telepon atau membuang sampah di resepsi.

Baca Juga: Cara Membuat SKCK Online Tahun 2022 Ini!

Tetapi, terdapat hal-hal yang cuma kamu yang bisa melakukannya contohnya, menyiapkan kampanye pemasaran perlu memahami gimana saluran yang beda bekerjasama untuk efektivitas yang maksimal; perbaharui konten laman website harus tahu kata kunci yang bakal dicari oleh orang lain mengenai suatu topik; maupun lakukan pemrograman.

Tidak Menetapkan Batasan

Saat kamu memulai bisnis, maka kamu bakal tahu kalau permasalahan yang ada semakin kompleks, sampai jarang ada orang memberi tahu seseorang kapan saatnya berhenti dan pulang. Serta mungkin saja kamu bakal selalu bekerja kalau kamu belum tentukan batasannya.

Tetapi, ini perlu kamu cermati kalau orang tidak ingin bila mesti bekerja sampai lupa waktu. Hingga, kamu harus mengatur ekspetasi dari pegawai dan selanjutnya melakukan tindakan sesuai dengan itu. Bila kamu tidak berhasil lakukan ini, ekspektasi kamu akan jadi tidak sesuai kenyataan, dan pada akhirnya, tidak ada yang ingin bekerja sama denganmu.

Membandingkan Dengan Perusahaan Lain

Kesalahan yang mengakibatkan bisnis startup alami kegagalan yang ke-5 yakni Jangan selalu membanding-bandingkan bisnis kamu dengan perusahaan lain. Ditambah lagi, bila kamu sebagai pelaku bisnis baru.

Di fase ini ketika saling membandingkan cuma bakal menyebabkan kecemburuan maupun hal negatif. Ketimbang bandingkan dirimu dengan perusahaan yang lain, lebih baik fokus terhadap tujuanmu serta bagaimana kamu bisa menggapainya dengan waktu yang sangat efektif. Kamu bisa belajar dari orang lain, namun jangan berusaha atau coba-coba untuk tiru kesuksesan mereka, sebab setiap orang spesialisasi masing-masing.

Jangan Lakukan Kesalahan

Semua orang wajar bila membuat kekeliruan, yang penting bagaimana kita bisa belajar dari pengalaman itu. Bila kamu tidak lakukan kesalahan, kamu kemungkinan tidak berusaha lebih keras atau kehilangan kemampuan problem solving untuk berpikir kreatif serta mandiri.

Kesalahan ialah bagian dari proses. Karena dari peristiwa itu, keadaan itu bakal mengajari apa yang sukses serta apa yang tidak terkait produk, layanan, konsumen serta persaingan bisnis kita.

Mengambil Resiko yang Tinggi Saat Pertama Kalinya Memulai

Kesalahan yang mengakibatkan bisnis startup alami kegagalan yang paling akhir ialah saat tidak ada penghitungan dalam mengambil resiko. Padahal, tidak semua hal yang beresiko bakal berikan kesempatan yang signifikan.

Resikonya harus betul-betul kamu pikirkan yang sesuai dengan nilai serta tujuan kamu sebagai pesonal maupun perusahaan, hingga saat kamu mampu bertahan dari resiko itu, jadi kamu tidak cuma sekedar bertahan, namun juga berkembang.***

CEO

Ahzelan adalah seorang pelajar yang selalu ingin mengajarkan kebaikan kepada semua orang

Lu mungkin suka juga: