5 Tips Merawat Handphone Biar Tidak Mudah Rusak Ternyata Simple!

5 Tips Merawat Handphone Biar Tidak Mudah Rusak Ternyata Simple!

Dakisemut.co.id – Apa kamu sudah tahu kalau handphone yang selalu kamu pakai mempunyai rata-rata rentang hidup?

Jika handphone mempunyai rata-rata waktu hidup antara 2,5 sampai 3 tahun, dan laptop atau komputer punyai rata-rata rentang hidup hingga 5 tahun jika kamu merawat handphonemu dengan baik.

Tetapi jika ingin pastikan ponselmu tahan lama dalam pemakaiannya, harus lebih perhatian serta merawat khusus untuk handphonemu.

Baca Juga: Apakah Penggalangan Dana Menggunakan FB Ads Efektif?

Mengaplikasikan cara merawat yang benar merupakan hal yang begitu penting demi menjaga laptop sampai handphonemu dari kerusakan, malfungsi serta mati total dan membantu membuatnya lebih tahan lama dalam pemakaiannya.

Di bawah ini ialah tips rawat handphone supaya bisa memperpanjang waktu pemakaian dan menghindari kerusakan.

1. Menjaga kebersihan handphone

Pada umumnya, kebersihan berkontribusi pada usia panjang seluruh handphone kamu.

Untuk tablet serta handphone, dengan membersihkannya setiap hari merupakan satu diantara bentuk merawat handphone atau tablet yang baik. Dibawah ini tips buat kamu dalam membersihkan handphone atau tabletmu:

Dengan menggunakan baby oil hanya butuh waktu 1 menit bahkan kurang, kamu sudah bisa membersihkannya seperti sebelum kamu beli/baru.

Kerap kali orang membawa handphone ke dalam toilet atau memakai waktu makan. Ini malah benar-benar beresiko. Masalahnya handphone tidak dibuat untuk digunakan di lingkungan lembab.

Disamping dapat merusak komponen handphone, air adalah konduktor alami. Hingga kemungkinan terjadi sengatan listrik yang berbahaya jika air melakukan kontak langsung dengan handphone.

Tetapi kalau misalkan handphonemu terkena air, jangan khawatir. cukup matikan handphonemu, bersihkan bagian yang terkena air dengan lap, keluarkan SIM card dari handphonemu, diamkan semalaman sembari direndam ditumpukan beras.

Saat pagi hari ambil serta coba nyalakan handphonemu lagi. Kalau memang cara tersebut gagal, hubungi customer service dengan handphone yang lain untuk memperoleh penanganan.

2. Tidak boleh Menunda Update Software

Update software disebut juga pembaharuan perangkat lunak bakal membantu merawat handphonemu tetap layak digunakan serta aplikasinya tetap berjalan normal. Biasanya, pengembang software atau vendor baik itu untuk laptop atau handphone membawakan updatenya dengan beberapa peningkatan stabilitas, perbaikan bug serta mengoptimalkan dan keamanan yang ditingkatkan lewat updatennya itu.

Satu diantara permasalahan handphone yang sangat umum ialah daya tahan baterai. Sama dengan yang kita ketahui, makin lama kita mempunyai handphone serta laptop, makin pendek masa pakai baterainya.

Ini timbul karena baterai memburuk gara-gara pemakaian atau penyalahgunaan pemakaian. Tetapi, ada cara untuk perlambat proses kerusakan dengan mengubah rutinitas pengisian daya.

Baca Juga: WA PINTAR – Aplikasi Whatsapp Marketing No #1 Paling Stabil

Mayoritas produsen dan ahli merekomendasikan tidak untuk biarkan handphone terus-terusan terisi daya sepanjang malam.

Terkait hal ini harus diperhatikan pengisian serta perawatan baterai yang baik. Misal, mencabut charger saat baterai handphone terisi 80% dan jangan menunggu baterai handphone habis total baru di charger dengan begitu baterai bisa tahan lama untuk waktu yang cukup lama pula.

3. Jaga Charger-an serta Kabel

Hal kecil berikut memang jarang diperhatikan, tetapi bila adaptornya rusak maupun sobek ataupun kabelnya terputus bisa timbulkan kerusakan pada komponen penting handphone. Itu bisa saja dikarenakan daya yang dialirkan tidak sesuai dengan keperluan merawat handphone.

Para ahli merekomendasikan untuk membungkusnya dengan longgar dalam lingkaran atau angka delapan selanjutnya memakai Velcro atau perekat untuk amankannya.

4. Mematikan Bluetooth

Mematikan bluetooth juga dapat membantu handphone terlindungi dari file yang mungkin tiba-tiba terunduh dan mencegah virus ataupun malware yang dapat masuk melalui sinyal.

5. Mengurus Penyimpanan Handphone serta Tambahkan Pelindung Tambahan

Sejauh ini tentu handphone kalian dibawa ke mana saja dan kapan saja, ini berarti terdapatnya goncangan juga benturan yang bisa menyebakan kerusakan komponen internal. Berikut yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisasinya:

Tidak akan mutlak waktu bertahan handphonemu. Kebanyakan handphone bakal alami kerusakan disebabkan penyalahgunaan penggunanya sendiri.

Handphone kita yang memiliki umur panjang juga suatu ketika akan mati, satu-satunya yang bisa kita lakukan ialah coba memperpanjang umurnya dengan rutinitas sama dengan yang diuraikan di atas, jadi rawatlah handphone kalian secara baik bila pengin dapat digunakan lebih lama.***

CEO

Ahzelan adalah seorang pelajar yang selalu ingin mengajarkan kebaikan kepada semua orang

Lu mungkin suka juga: