6 Tips Merawat Komputer Supaya Mampu Bertahan Lebih Lama

6 Tips Merawat Komputer Supaya Mampu Bertahan Lebih Lama

Dakisemut.co.id – Untuk memakai komputer Anda setiap hari, Anda perlu mengetahui kalau Kamu butuh merawatnya supaya bertahan lama dan tidak gampang rusak. Kemungkinan Anda selalu mengetahui cara merawat komputer Anda dengan baik, namun itu tidak optimal.

Dalam merawat komputer tidak cuma perangkat kerasnya misal motherboard, LCD, keyboard serta mesin yang mesti diperhatikan, namun metode yang dipakainya untuk komputer tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mengelola komputermu secara akurat serta benar berdasarkan perspektif software serta hardwarenya, dibawah ini merupakan tips & trik sederhana mengenai pengelolaan komputermu.

Tips Merawat Komputer

Satu diantara hal gampang yang bisa Anda lakukan dengan perawatan perangkat keras ialah gampang dilihat. Cara merawat komputer yang ini cuma memerlukan kemauan Anda untuk menjaga kebersihan komputer serta perangkatnya.

Kamu setidaknya wajib membersihkan komputermu 3 bulan sekali dari kotoran dan debu. Bila tidak segera dibersihkan debu itu bakal mulai mengeras serta lengket dan susah membersihkannya. Memang untuk debu dibagian luar komputermu mudah dibersihkan namun gimana untuk bagian dalamnya? kamu bisa membersihkan bagian dalamnya dengan kuas kecil yang lembut.

Tidak harus memakai larutan pembersih. Hanya dengan memakai kuas, kuas cat kecil yang lembut kamu sudah dapat dengan mudah membersihkan debu serta menjaga komputermu selalu bersih. Hal utama yang harus diingat ketika membersihkan komputer yakni bagian keyboard.

Baca Juga: Tutorial Cara Masuk Safe Mode Windows 7, 8 dan 10!

Jangan lupa, kalau terdapat banyak kuman pada keyboard, lantaran terlalu sering disentuh oleh tanganmu.

Disamping itu, tidak boleh asal-asalan meletakkan benda berat di komputermu. Tidak boleh taruh makanan dengan sup atau air minum manis di samping komputermu untuk menghindari kerusakan karena tumpahan air.

Jaga Aliran Listrik

Kamu juga harus tahu dengan memperhatikan daya listrik juga termasuk merawat komputer. Ketika memakai komputer, seharusnya memakai stavolt atau UPS (satu daya tidak terputus).

Stavolt banyak dipakai lantaran mempunyai kemampuan menstabilkan kekuatan suatu komputer.

UPS merupakan perangkat yang bisa memberi daya cadangan waktu listrik dimatikan. Keduanya begitu penting untuk menstabilkan aliran listrik di komputer Anda. Ini untuk mencegah kerusakan bila daya dimatikan waktu komputer tengah berjalan.

Baca Juga: WordPress Hosting, Simak Penjelasan serta Kelebihannya!

Ingatlah kipas yang berada di dekat CPU serta monitor. Ini untuk mencegah supaya komputer tidak cepat panas. Bila kamu mau komputermu dapat bertahan lama jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhu komputermu.

Jaga supaya listrik ini tetap menyala yaitu satu diantara cara untuk mengelola komputermu secara eksternal atau dari perangkat keras.

Scan Antivirus

tahap selanjutnya dalam merawat komputer Anda yakni dengan memakai ativirus untuk lakukan scan serta bersihkan cache yang terkumpul dan memperlambat komputermu.

Komputer mempunyai sistem yang rentan akan serangan virus. Bila kamu beranggapan hanya dengan menginstal satu antivirus sudah cukup melindungi komputermu, lebih baik renungkan kembali anggapanmu itu.

Justru jika aplikasi antivirusmu kadaluarsa/ tidak pernah di update itu bisa saja mengubah aplikasi menjadi virus pada komputermu.

Selalu perbaharui perlindungan antivirus komputer Anda supaya memiliki fungsi lebih baik dalam membuat perlindungan komputermu dari serangan virus, malware, spyware, atau program jahat yang lain

Defragmentasi Harddisk

Kamu harus mendelete file/data sampah yang ada pada komputermu serta mendefrag hardiskmu.

Defragmentasi sendiri ini merupakan fitur akses cepat terhadap file yang menangani pembagian file jadi satu bagian serta mengulang penulisan data.

Optimalisasi ini bisa dilaksanakan dengan teratur pada Windows 10 serta Windows yang lebih baru.

Tetapi, kamu pun bisa secara manual mengoptimalkannya. Kamu hanya memerlukan satu aplikasi yakni Disk Defragmenter.

Metodenya yaitu seperti berikut:

  • Membuka menu mulai
  • Klik seluruh program
  • Pilih aksesoris
  • Tentukan alat sistem
  • Klik Disk Defragmenter

Tetapi, harus diingat kalau kamu tidak mesti mem-fragment tiap file, jadi kamu harus menganalisis terlebih dulu file yang ingin Anda defrag saat sebelum menjalankan proses defragmentasi.

Untuk menyaksikan tingkat fragmentasi, klik tombol Analisis untuk file yang ingin Anda periksa.

Bila fragmentasi memiliki tingkat kelebihan 10% itu masih bisa dioptimalkan. Kalau kurang dari itu kamu dapat melakukannya di lain waktu.

Membersihkan File yang Tidak Perlu

Langkah menjaga dan mengurus computer setelah itu dengan bersihkan file-file yang tidak Anda butuhkan kembali, atau file-file sampah.

Jumlah file yang terlalu banyak dan menumpuk juga dapat mempengaruhi performa komputermu, jadi sangat lemot serta membuat pekerjaanmu tidak optimal.

Bila tidak diperhatikan dan dibiarkan saja, file-file tersebut bakal terus menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan komputermu.

Karena itu, komputermu bakal berjalan benar-benar lambat. Lantaran file-file ini bakal dikirimkan ke bBin Recycle nanti, penghapusan data tidak akan stop di langkah awal penghapusan.

Maka dari itu, yang harus kamu kerjakan cuman membersihkan Recycle Bin untuk file yang tak lagi kamu butuhkan.

Uninstal Program Maupun Aplikasi yang Tidak Kamu Pakai Lagi

Cara setelah itu melepas pemasangan aplikasi atau program yang tak lagi Anda pakai di komputermu , yang merupakan satu diantara langkah tersukses untuk merawat komputermu.

Anda perlu melepas atau mencopot pemasangan serta bersihkan aplikasi dan program lama dan file yang tak lagi Anda pakai.

Tetap menyimpan program maupun aplikasi yang sudah tidak kamu pakai bakal mencegah hardisk merespon ketika kamu membaca program yang tengah berjalan.

Karenanya pekerjaan hardisk jadi makin berat serta dapat membuat hardisk cepat rusak.

Menghapus seluruh program serta aplikasi yang tidak dipakai benar-benar gampang. Berarti, tampak seperti berikut:

  • Membuka panel kontrol
  • Pilih program
  • Klik Copot pemasangan program
  • Pilih program atau aplikasi yang menurut Anda tidak dibutuhkan lagi
  • Klik tombol [Copot pemasangan]
  • Gampang.

Aktifkan Pemulihan Sistem Komputer

Cara paling akhir untuk merawat komputer yang kita pelajari yakni dengan aktifkan restore system pada komputermu. Ini begitu penting untuk jaga komputer kamu bekerja dengan baik serta stabil.

Dengan cara mengklik kanan ikon komputer desktop serta klik pada bagian properties. Tab System Restore Bakal langsung tampak.

Teks “Matikan Pemulihan Sistem pada semua drive” diperlihatkan. Kamu bisa menghapus tanda centang di samping kiri cukup dengan satu klik.

Kemudian, sistem Rstore jadi aktif serta bekerja terbaik di komputermu.

Kami sudah mendalami 6 cara supaya komputermu gampang diterapkan serta tidak membutuhkan banyak usaha untuk mengerjakannya.***

CEO

Ahzelan adalah seorang pelajar yang selalu ingin mengajarkan kebaikan kepada semua orang

Lu mungkin suka juga: