Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1969!

Sejarah Perkembangan Internet Tahun 1969!

Dakisemut.co.id – Nyaris tiap saat kita terus memakai koneksi internet. Entah itu untuk kebutuhan kerja, belajar maupun cuma untuk hiburan saja. Tetapi, apa kamu tahu perkembangan internet mulai aktif/berjalan?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet merupakan jaringan komunikasi elektronik yang menyambungkan jaringan komputer serta fasilitas komputer yang terorganisasi di penjuru dunia lewat telepon atau satelit.

Berdasar laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pemakai internet di Indonesia sekarang ini mencapai 63 juta orang.

Dari angka itu, 95 persennya memakai internet untuk terhubung media sosial.

Sejarahnya

Dikutip dari buku hasil karya Darma dkk yang bertajuk “Buku Pintar Menguasai Internet” dijelaskan bila perkembangan internet serta keberadaannya berasal dari terdapat rangkaian pusat yang dibuat Advanced Research Projects Agency (ARPA) di tahun 1969.

Disebutkan bila badan peneliti itu mempunyai peran yang cukup besar untuk perkembangan teknologi dunia. Terciptanya internet ini lantaran para peneliti beralasan jika mereka tidak bisa bekerja karena tidak berada di tempat kerja yang sama.

Baca Juga: WordPress Hosting, Simak Penjelasan serta Kelebihannya!

Dan pada akhirnya, putuskan untuk membuat jaringan komputer bernama ARPANET di tahun 1969. Sebab tersediannya arpanet, para peneliti itu dapat berkomunikasi satu dan yang lainnya serta kumpulkan data-data melalui server.

Di waktu itu, ARPANET berupa jalur atau kabel telepon serta dipakai oleh kelompok tertentu saja.

Untuk percepat proses transmisi data, arpanet bekerjasama dengan NOVEL untuk membuat data-data itu dapat dipecah melalui teknologi paket switching agar jadi paket yang lebih kecil.

Perkembangannya

Lantaran manfaat yang diperoleh lumayan besar arpanet serta novel berdasarkan hasil networking, para peneliti pada akhirnya memutuskan untuk kembangkan teknologi itu.

Kemudian, baru teknologi networking dipakai di beberapa komputer dengan cakupan yang makin banyak.

Email merupakan fitur networking yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di tahun 1972. Tidak puas dengan email, para peneliti tetap kembangkan protokol rangkaian pusatnya dimulai dari NCP hingga TCP/IP.

Dan internet pun mulai populer pada saat itu tepatnya tahun 1989, serta arpanet telah memiliki 100.000 server yang tersambung.

Baca Juga: Harga Pembuatan Website Donasi untuk Penggalangan Dana Online

Karena ARPANET cuma dapat dijalankan oleh orang yang memahami bahasa pemrograman, pada akhirnya dibuatlah Hypertext Transfer Protocol atau yang hari ini kita tahu sebagai HTTP.

Kehadiran HTTP yang didesain oleh Tim Berners-Lee itu menjadikan lebih banyak orang-orang kembali bisa terhubung internet.

HTTP berfungsi sebagai alamat yang dipakai untuk akses internet. Serta memudahkan pengguna mengakses apa yang mau mereka cari.

Adapun istilah untuk alamat yang ada pada masing-masing komputer yaitu IP Address yang setiap orang mempunyai satu alamatnya masing-masing.

Cara Kerjanya

Bila kita menggunakan internet dengan mudah selama bertahun-tahun, Tetapi, kamu tidak tahu jika didalam internet terdapat hal yang rumit untuk menjalankan koneksinya.

Sistem-sistem penting itu membuat internet bisa bekerja. Berikut ini ialah beberapa hal yang penting dalam sistem kerja internet:

  • Server

Untuk tersambung ke internet, dibutuhkan server. Server adalah komputer yang mengirim data dari dan ke dalam internet. Komputer yang dapat kita pakai disebut client atau yang minta informasi dari ISP dengan kegunaan sebagai server.

Baca Juga: Kriteria HP yang Cocok Untuk Game Berat di 2022

  • Antena Pemancar dan Satelit

Server baru dapat tersambung lewat satelit atau antena pemancar. Dengan kedua sistem itu, karena itu proses transmisi data dapat berjalan serta disebarluaskan ke seluruh penjuru negara.

  • Modem serta Router

Lewat modem komputer bakal dapat tersambung ke internet. Tetapi, sebaliknya bila internet disambungkan ke komputer yang cukup banyak, kamu harus sambungkan terlebih dulu pada router.

  • Protokol

Bahasa komputer yang dipakai untuk melakukan komunikasi oleh server dan client disebut protokol. Kita bakal mendapati istilah HTTP yang disebut alamat atau protokol itu.

Untuk mengakses website serta memperoleh informasi, kita bakal memasukkan HTTP dan alamat web yang hendak diakses.

  • IP Address

Alamat dalam bentuk nomer (numerik) dengan fungsi mengirim paket informasi komputer adalah pengertian dari IP. IP address bakal menginformasikan mengenai berasal darimana paket serta bakal dikirim kemana paket itu.

  • Browser Internet

Pastinya Internet browser kerap kali kita buka jika ingin mengakses internet. Beberapa internet browser yang sudah cukup populer yakni Google Chrome, Firefox, Opera dan Brave.***

CEO

Ahzelan adalah seorang pelajar yang selalu ingin mengajarkan kebaikan kepada semua orang

Lu mungkin suka juga: