Hiburan

Lee Zii Jia Diragukan Perkuat Malaysia pada Thomas Cup 2024

25
×

Lee Zii Jia Diragukan Perkuat Malaysia pada Thomas Cup 2024

Sebarkan artikel ini

DakiSemut.Co.Id – Penyebabnya, tunggal putra 26 tahu itu tengah fokus pada persiapannya menghadapi Olimpiade Paris 2024 pada Juli mendatang.

Direktur kepelatihan nasional Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Rexy Mainaky sebelumnya mengadakan pertemuan dengan pelatih Lee, Wong Tat Meng dan saudara perempuan serta manajer Lee Zii Yii di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara Selasa (2/4/2024).

Dalam pertemuan tersebut diketahui bahwa pemain independen tersebut belum mengambil keputusan untuk bertanding pada kejuaraan beregu.

“Untuk saat ini Zii Jia belum memastikan apakah dia akan bermain di Piala Thomas atau tidak,” kata Rexy dilansir dari The Star.

“Olimpiade sudah cukup dekat dan dia memiliki banyak turnamen yang akan dia ikuti. Dia dan timnya mengkhawatirkan beban kerjanya. Tentu saja, Piala Thomas penting bagi Zii Jia, tetapi Olimpiade juga merupakan event besar.”

“Belum ada yang final dan kami sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk mengatur pertandingannya pada kejuaraan beregu jika dia memutuskan untuk bertanding,” ucap Rexy.

Jika Lee memutuskan untuk absen dalam Thomas Cup 2024, itu akan menjadi pukulan besar bagi Malaysia.

Pebulu tangkis tunggal lainnya yang dapat dipilih dalam tim adalah peringkat ke-18 dunia Ng Tze Yong, peringkat 37 dunia Leong Jun Hao, serta pemain muda Justin Hoh dan Eogene Ewe.

Rexy Mainaky saat ini sedang menyusun kekuatan untuk Thomas Cup 2024.

Berdasarkan hasil undian untuk babak penyisihan, Malaysia tergabung di Grup D bersama Denmark, Hong Kong dan Aljazair.

Tim Thomas Cup Malaysia lolos ke Thomas Cup 2024 setelah menjadi runnner-up pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 yang berlangsung Februari kemarin.

Lee pada final Kejuaraan Beregu Asia 2024 tidak tampil karena mengalami masalah kebugaran. Begitu pula dengan titisan Lee Chong Wei yakni Ng Tze Yong tidak bisa berlaga karena cedera.

Dalam laga final Kejuaraan Beregu Asia 2024 menghadapi tim China, Mohd Haikal Nazri yang sejatinya bermain di ganda putra harus dirotasi.

Dia dipersiapkann sebagai tunggal putra ketiga karena minimnya pilihan tunggal putra yang ada sehingga Malaysia tumbang dengan skor 0-3 dari China.

“Kami mungkin akan mempertimbangkan untuk memilih lima pemain tunggal dan lima pemain ganda kali ini,” ujar Rexy beberapa waktu lalu.

“Kami membutuhkan tim yang solid dan kami tidak ingin mengulangi apa yang terjadi di Kejuaraan Beregu Asia kemarin.”

“Sebagai pelatih, itu adalah pertama kalinya saya harus menghadapi krisis seperti tersebut.”

“Tidak ada pemain tunggal yang cukup bugar untuk bermain di final,” ucap legenda ganda putra Indonesia itu.

Pada nomor ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik sudah dipastikan akan menjadi tumpuan utama, selain itu masih ada nama-nama lainnya.

Goh Sze Fei/Nur Izzudin Rumsani hingga Ong Yew Sin/Teo Ee Yi juga berpotensi menjadi pilihan berikutnya.

“Sze Fei-Izzuddin telah tampil dengan baik di nomor beregu sebelumnya, sementara kami juga mempertimbangkan Yew Sin-Ee Yi,” ujar Rexy.

“Kami membutuhkan pemain yang berpengalaman karena kami mengincar dua poin dari nomor ganda.”

Berikut hasil undian Thomas Cup 2024.

Grup A: China (1), Korea Selatan, Kanada, Australia

Grup B: Jepang (4), Taiwan, Jerman, Republik Ceska

Grup C: Indonesia (3), India, Thailand, Inggris

Grup D: Denmark (2), Malaysia, Hong Kong, Algeria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *