Hiburan

MotoGP Portugal 2024 – Enea Bastianini Tak Akan Sia-siakan Pole Position Lagi Setelah Kesalahan Sepele saat Start Sprint

36
×

MotoGP Portugal 2024 – Enea Bastianini Tak Akan Sia-siakan Pole Position Lagi Setelah Kesalahan Sepele saat Start Sprint

Sebarkan artikel ini

DakiSemut.Co.Id – Balapan utama MotoGP Portugal 2024 pada Minggu (24/3/2024) di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, ingin benar-benar dimaksimalkan oleh pembalap Ducati Lenovo itu.

Enea Bastianini telah merenungi kesalahan sendiri yang membuat dia menyia-nyiakan modal apik untuk start dari posisi paling depan.

Bastianini tidak bisa tampil menggigit dan harus puas finis di posisi keenam. Dia juga tidak terlibat dalam persaingan untuk merebut posisi yang lebih baik di depannya.

Setelah sprint selesai, barulah terungkap mengapa Bestia tampak mengalami start buruk dan sulit untuk mengejar lagi.

Rupanya, ada kesalahan dari Bastianini saat lupa mengaktifkan holeshot device sebelum balapan Sprint dimulai.

Peranti pembantu Ducati bekerja dengan menekan suspensi depan motor untuk mencegah wheelie serta hilangnya tenaga karena interupsi peranti elektronik yang disebabkan olehnya.

“Saya tidak sengaja menonaktifkan perangkat penurun bagian depan motor saat start, karena saya pikir saya belum mengaktifkannya,” kata Bastianini dikutip dari Paddock-GP.

“Itu telah merusak balapan saya,” tambah dia.

Kesalahan membuat motor Bastianini mengalami wheelie alias terangkatnya ban depan motor saat berakselerasi karena setelan elektroniknya dirancang untuk dipakai dengan peranti holeshot.

Bastianini menyesali kesalahan sepele yang membuatnya merugi.

Memiliki start bagus wajib hukumnya karena setiap motor MotoGP sekarang dilengkapi dengan teknologi yang dibawa pertama kali oleh Ducati ini.

Ditambah karakter Sirkuit Algarve yang menuntut ketepatan pengereman, tidak mudah bagi pembalap untuk melakukan overtake begitu sudah tertinggal.

“Padahal kecepatannya sudah mumpuni, tetapi kesalahan saat start ini mempengaruhi penampilan saya,” jelas pembalap asal Rimini, Italia itu.

Belajar dari kesalahan sepele itu, Bastianini ingin memaksimalkan balapan utama untuk benar-benar menunjukkan kecepatan dan kelincahannya menguasai sirkuit bak roller coaster ini.

Apalagi, ini adalah pole position pertama dia sejak terakhir kali meraihnya pada seri MotoGP Austria 2022 silam.

Selain itu Bastianini sedang mendapatkan tekanan dari Jorge Martin (Prima Pramac) dalam perebutan satu kursi tersisa di tim pabrikan Ducati.

Martin selalu finis tiga besar dan telah memenangi sprint di seri pembuka MotoGP Qatar. Adapun Bestia baru sekali finis lima besar.

“Bagaimanapun, ini membuat kami menyadari kekuatan dan kelemahan kami, menentukan area mana yang harus diperbaiki untuk hari esok,” kata Bastianini.

“Apakah saya dijagokan menang untuk balapan utama? Tahun ini, kami lebih bersinar di sprint dan kualifikasi berkat ban lunak.”

“Akan tetapi, kalau untuk menempuh jarak yang lebih jauh, finis di podium sepertinya masih memungkinkan,” imbuh dia.

Balapan MotoGP Portugal akan dimulai pada pukul 21.00 WIB dan disiarkan secara langsung di Trans7 serta SPOTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *