Hiburan

MotoGP Portugal 2024 – Maverick Vinales Cuek meski Tak Dianggap Lampaui Rekor Valentino Rossi

38
×

MotoGP Portugal 2024 – Maverick Vinales Cuek meski Tak Dianggap Lampaui Rekor Valentino Rossi

Sebarkan artikel ini

DakiSemut.Co.Id – Maverick Vinales mempersembahkan kemenangan pertama bagi Aprilia Racing dalam sprint seri kedua MotoGP Portugal pada Sabtu (23/3/2024) di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Vinales tak menyia-nyiakan kesempatan untuk memimpin setelah kesalahan yang dilakukan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada lap kesembilan.

Kepercayaan diri yang akhirnya ditemukannya di atas motor baru Aprilia RS-GP membawa Vinales menepis tekanan dari Jorge Martin (Prima Pramac) dan Marc Marquez (Gresini Racing).

Ini merupakan kemenangan dari pabrikan non-Ducati sejak GP Catalunya pada September lalu, baik dalam sprint maupun lomba.

Adapun bagi Vinales, dia menjadi pembalap pertama di era MotoGP yang mampu memenangi lomba bersama tiga pabrikan berbeda.

Top Gun mencetak prestasi yang gagal diraih oleh para jawara termasuk Valentino Rossi (Honda, Yamaha) dan Jorge Lorenzo (Yamaha, Ducati).

Akan tetapi, fakta bahwa sprint baru diperkenalkan pada tahun lalu dan bukan balapan grand prix membuat rekor Vinales ini tidak masuk hitungan.

“Kemenangannya tidak tercatat dalam buku, tetapi saya pastinya merasa puas karena perlu waktu yang lama untuk berada di posisi ini,” ucap Vinales, dilansir dari GPOne.

“Rasanya seperti mencapai lingkaran penuh. Pastinya hari ini (Sabtu kemarin) adalah hari yang memotivasi,” tambahnya.

Vinales bergabung dengan Aprilia pada paruh musim 2021 setelah merasakan frustrasi di Yamaha. Sebelum ini dia hanya nyaris menang dengan empat hasil runner-up.

Kemenangan Vinales makin impresif karena dia memulai akhir pekan lomba dengan masalah perut hingga hanya tidur selama satu jam pada hari Jumat (22/3/2024) kemarin.

Meski begitu, Vinales mampu tampil kompetitif.

Setelah menembus 10 besar dalam latihan pada Jumat untuk lolos langsung ke kualifikasi 2, Juara Dunia satu kali ini merebut baris start terdepan dengan posisi kedua di kualifikasi.

Satu hal lain yang membedakan Vinales hari ini adalah penampilannya yang tanpa cela sementara rival-rivalnya membuat kesalahan.

Vinales menyebut bahwa keseimbangan yang lebih baik antara grip bagian depan dan belakang motor mengembalikan keunggulannya untuk menunda pengereman.

“Kami memiliki motor yang sangat stabil, jadi kami harus terus melanjutkannya seperti ini,” kata pembalap asal Roses, Spanyol, itu.

Baris start terdepan plus kemenangan dalam sprint membuat Vinales akan diperhitungkan sebagai calon pemenang dalam balapan MotoGP Portugal 2024.

Akan tetapi, Vinales tak mau terlena.

“Tidak akan mudah untuk mengatur bannya, terutama ban belakang medium, kami tidak memiliki banyak informasi dengannya,” ungkap Vinales.

“Kami akan melihat bagaimana bannya bekerja. Kunci untuk bersaing? Keseimbangan yang tepat dan kami menemukannya di sini.”

“Tim kami secara presisi berusaha untuk menemukan setelan dasar untuk tetap berada di rentang itu, jadi kami bisa dengan mudah kembali ke dalam parameter saat ada masalah kritis.”

“Dengan begitu, kami bisa menyelesaikan masalahnya lebih cepat.”

“Meski untuk menang terus-terusan itu susah, bersaing untuk podium seharusnya memungkinkan di setiap lomba. Inilah pola pikir yang harus diterapkan.”

Sementara itu, balapan MotoGP Portugal 2024 akan berlangsung pada Minggu (24/3/2024) mulai pukul 21.00. Lomba akan disiarkan secara langsung di Trans 7 dan SPOTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *